Sepuluh Tahun


Kembali lagi kita berjumpa dengan awal tahun masehi.

2015 – 2005. Sepuluh tahun sejak saya lulus SMA. Luar biasa tidak berasa. Sepuluh tahun penuh cerita dan penuh warna.. Sepuluh tahun terpenting dalam membentuk karakter dan jiwa. Dihadapkan dengan banyak hal dan banyak peristiwa yang membuat saya menyadari bahwa saya masih belum (cukup) dewasa & matang. Dari manusia naif yang punya cita-cita idealis, bertransformasi dan terus belajar menjadi manusia penuh pemakluman. Karena tak semua yang kita harapkan berakhir sesuai dengan keinginan, bahw akan selalu ada manusia-manusia lain dengan segala keunikannya, konflik yang akan selalu ada di sepanjang perjalanan, dan bahwa kita memang tidak bisa untuk selalu sendirian.

Semua hal tersebut membuat saya kembali bertanya-tanya tentang segala ‘pencapaian’ yang telah dilakukan selama sepuluh tahun terakhir ini dan tentang perjalanan hati. Hingga akhirnya saya merasa bahwa saya berada di titik di mana kondisi hati saya saat ini menjadi “idle”. Aku tidak berharap ini berlangsung lama, karena bagaimanapun cita-cita yang harus saya capai adalah menjadi bunda bagi anak-anak yang bahagia dan membanggakan. Namun saya tetap optimis, meski dalam sepuluh tahun ini perjalanan ke arah sana belum nampak, tapi kelak suatu saat akan tiba waktunya dan semoga akan selalu menjadi suka cita saat hal itu tiba.🙂

2015. Kebahagiaan sekaligus kesedihan. Harapan sekaligus kekecewaan. Rasanya itu membuat wajahku berubah menjadi wajah datar Saitama dari anime “One Punch Man” dan mengucap “Oh.. Ok”. Hingga akhirnya, kali ini, tidak ada antusiasme dan harapan yang terlampau digantungkan. Seolah tak ada lagi sesuatu yang patut diperjuangkan. Hayati lelah masbroo.. Hehe.

Jadi ya, berhubung tetap ada kabar gembira dan bahagia di 2015—salah satunya—di mana saya (mau tidak mau) tetap harus tinggal dan mendekam di Jakarta untuk beberapa tahun ke depan.

Kalau kata teman saya; Banyak yang patut disyukuri di tahun 2015 termasuk rasa perih. Hehe..

Selamat tinggal 2015 beserta kenangan, selamat datang 2016 beserta harapan yang akan datang..

Leave a Reply

