Sinopsis Novel Lolita [Lolita 3]


Lolita adalah sebuah narasi panjang atau memoar pengakuan dari tokoh utama seorang narapidana yang menunggu sidang pengadilannya, Humbert Humbert. Humbert lahir pada tahun 1910 di Paris dari keluarga terhormat dan seorang pemilik hotel. Ibunya meninggal ketika Humbert berumur tiga tahun dan semenjak itu dia diasuh oleh kakak ibunya, tante Sybil yang menyukai ayah Humbert.

lolitaHumbert terobsesi kepada gadis kecil dan belia yang dia sebut sebagai nymphet atau peri asmara. Hal tersebut disebabkan karena semasa kecil Humbert pernah jatuh cinta kepada Annabel Leigh dan mereka saling memadu kasih. Namun Annabel akhirnya meninggal karena sakit tifus dan sejak saat itu, Humbert selalu menyukai gadis-gadis kecil agar perasaan cinta dan gairah yang pernah dia rasakan tetap terasa seperti saat bersama dengan Annabel.

Sebelum pecah Perang Dunia II, Humbert berpindah dari Paris menuju New York. Di sana untuk pertama kalinya Humbert menikah dengan seorang putri dokter bernama Valeria, namun pernikahan tersebut hanya bertahan empat tahun karena Valeria mengkhianatinya. Tahun 1947 Humbert pindah ke Ramsdale untuk menulis. Di sebuah rumah yang dia tempati, dia menemukan nymphet yang sempurna, anak dari pemilik rumah. Gadis kecil berusia 12 tahun itu bernama Dolores Haze (Dolly, Lolita, Lola, Lo, atau L).

Ketika Lolita dikirim oleh ibunya, Charlotte Haze, ke Summer Camp, Charlotte mengultimatum Humbert agar menikahinya (karena dia mencintai Humbert) atau harus pergi dari rumahnya itu. Awalnya Humbert tidak setuju, namun ketika melihat kemungkinan-kemungkinan bahwa dengan menikahi ibunya, Humbert akan menjadi ayah tiri Lolita dan akan selalu bersama dengan Lolita maka Humbert sejutu untuk menikah dengan Charlotte.

Charlotte begitu mencintai Humbert dan Humbert begitu rapi dalam menutupi perilakunya tersebut. Hingga suatu ketika, catatan harian Humbert yang berisi pengakuannya mencintai Lolita dibaca oleh Charlotte, tak ayal Charlotte menjadi sangat marah. Humbert mencari akal agar Charlotte percaya padanya bahwa apa yang dia baca hanyalah penggalan dari novel buatannya yang belum selesai ditulis. Namun tak disangka, ketika Humbert hendak mengatakan itu pada Charlotte, ada telefon dari tetangganya yang berkata bahwa Charlotte baru saja tewas tertabrak.

Lantas Humbert pergi menjemput Lolita tanpa mengatakan bahwa ibunya telah meninggal melainkan bahwa ibunya sedang sakit dan sekarang berada di rumah sakit. Humbert kemudian membawa Lolita berkeliling Amerika Serikat, hotel pertama yang dikunjungi adalah The Enchanted Hunters, hotel yang direkomendasikan Charlotte ketika mereka dulu hendak berlibur. Di sana, mereka bertemu dengan orang asing yang terlihat sangat mengenal Humbert, yang kelak diketahui bernama Clare Quilty dan menjadi sangat berhubungan dengan Lolita. Kemudian mereka berpindah-pindah tempat dari satu hotel ke hotel lainnya. Dalam perjalanan itu, mereka merasakan cinta terlarang di antara mereka.

Akhirnya Humbert mengatakan pada Lolita bahwa ibunya telah meninggal dan Lolita tak punya pilihan lain selain bersama dengan ayah tirinya tersebut. Selama hampir  setahun berkeliling, mereka akhirnya menetap untuk sementara di Beardsley. Di sana Lolita sekolah di sekolah privat dan elit untuk anak-anak putri. Sikap Humbert terlampau posesif pada Lolita sehingga dia melarang Lolita mengikuti teater dan itu membuat kepala sekolah mengatakan bahwa Humbert adalah orang tua yang ketinggalan zaman karena tidak memperbolehkan anak tirinya bermain teater, juga bergaul dengan anak laki-laki.

Akhirnya Humbert mengizinkan Lolita untuk bermain teater dan di tempat tersebut Lolita bertemu dengan Clare Quilty, yang merupakan akuntan Charlotte, keponakan dokter gigi di Ramsdale, dan sutradara dari teater yang dimainkan oleh Lolita, selain Quilty juga merupakan seorang pedofil dan pembuat film pornografi.

lolita-vladimir-nabokovSudah beberapa kali Lolita berusaha untuk melarikan diri dari Humbert namun dia belum memiliki kesempatan itu. Kedekatan Lolita dengan Quilty membuat Humbert semakin paranoid dan protektif terhadap Lolita. Ketika Lolita sakit dan dirawat di rumah sakit, Humbert merasakan dirinya jatuh sakit dan semakin paranoid. Suatu malam, Lolita keluar dari rumah sakit bersama ‘pamannya’. Humbert yang kalang kabut atas kaburnya Lolita, mengambil kesimpulan bahwa ‘paman’ yang dimaksud adalah Quilty.

Humbert yang tidak ingin kembali ke sanatorium, melakukan love affair dan perjalanan secara nomaden selama dua tahun bersama Rita, gadis berusia sepuluh tahun lebih muda dari Humbert dan seorang pemabuk. Pada tahun 1952, Humbert menetap di suatu tempat. Suatu hari dia menerima sebuah surat dari Lolita yang kini berusia 17 tahun, telah menikah dan sedang hamil tua, yang meminta Humbert memberinya sejumlah uang hingga suaminya mendapatkan pekerjaan di Alaska. Humbert yang terbakar amarah sekaligus cinta kepada Lolita, membawa senjata ke rumahnya Lolita. Humbert menyangka bahwa suami Lolita sekarang adalah orang yang membawa kabur Lolita namun ternyata bukan. Humbert tidak akan mungkin membunuh Lolita yang dia cintai seumur hidupnya, maka dia meminta Lolita untuk tinggal bersamanya. Namun ternyata Lolita menolak untuk tinggal bersama Humbert dan hal tersebut membuat patah hati Humbert. Lantas setelah memberikan sejumlah uang kepada Lolita, Humbert mendatangi kediaman Quilty, orang yang membawa kabur Lolita dan membunuhnya di sana secara perlahan.   

Setelah membunuh, Humbert semakin tak terkendali dan puncaknya adalah dia melakukan pelanggaran lalu lintas dan lantas ditangkap. Di penjara tersebut kemudian Humbert menulis memoar berupa pengakuannya tentang kehidupan cinta dia bersama Lolita. Beberapa hari sebelum masa persidangannya dimulai, Humbert meninggal dunia dikarenakan penyakit jantung koroner yang diidapnya. Sedangkan Lolita, meninggal saat melahirkan pada tahun yang sama dengan meninggalnya Humbert, 1952.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s