Abstrak [Lolita 1]


Kangen masa-masa kuliah di Jatinangor dulu? Di antara cara yang ada untuk mengusir kangen, yaitu dengan melihat foto-foto jadul atau membaca tulisan-tulisan yang pernah dibuat, termasuk skripsweet tercinta. Nah, soal skripsweet tersebut, mari coba sempatkan sebentar ya buat mengintip isi skripsi saya tentang novel fenomenal pada masanya, yaitu Lolita karya Vladimir Nabokov. Dan melalui laman blog ini, semoga kamerads juga dapat menikmati tulisan tersebut yang entah mengapa bisa lulus di sidang skripsi. oh ya, satu hal lagi, di blog ini saya akan buat per bagian mengenai Lolita ini… Dan sila membaca novel dengan bahasa aslinya untuk mendapatkan sensasi yang berbeda. hehehe.. Pozaluista!

Novel Lolita

Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov (dengan Pendekatan Psikologi Sastra)  

             Sebuah novel karya Vladimir Nabokov berjudul Lolita yang ditulis pada tahun 1955. Novel ini terdiri dari dua bagian: pada bagian pertama terdapat 33 bab dan bagian kedua terdapat 36 bab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama dan mendeskripsikan pengaruh kondisi sosial masyarakat yang tergambarkan dalam novel Lolita terhadap karakter tokoh utama.

          Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif untuk memperoleh berbagai bahan yang diperlukan dan menggunakan teori Deleuze dan Guattari yaitu teori Skizoanalisis sebagai teori kajian.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama yang bernama Humbert memiliki karakter pedofil, nomad, dan cenderung skizofrenia dan paranoia. Adapun pengaruh sosial masyarakat terhadap karakter Humbert adalah bahwa Humbert bertindak atau berperilaku di luar tatanan norma sosial masyarakat pada masanya, sehingga disimpulkan bahwa karakter Humbert adalah antitesis dari kondisi sosial masyarakat yang tergambarkan dalam novel Lolita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s