Dia yang Kusebut


Aneh, orang seangkuh dia bisa juga menangis……

Malam ini bulan terlihat garang tak seperti biasanya. Dan anak-anak kecil di Desa pun tidak ada yang berani keluar rumah walau untuk sekadar menatapnya.

Seperti biasa, hari ini dia terlambat pulang. Seolah-olah sudah menjadi jadual sehari-harinya untuk pulang setelah lewat magrib. Entahlah, mungkin sebenarnya ia tidak ingin pulang selarut itu, apalagi usianya masih remaja. Terkadang atau bahkan sering kali aku melihat dia termenung sendirian. Kadang tertawa, namun tak jarang juga matanya berkaca-kaca.  Kesehariannya, ia selalu tersenyum dengan bibirnya yang mungil. Tapi tak ada yang tahu bagaimana isi hatinya. Apakah tersenyum ataukah malah sebaliknya?!

Dia benar-benar gadis yang tangguh. Sekalipun dia sudah berjalan atau berlari menempuh  jarak ribuan meter, ia tetap terlihat bersemangat. Ketika orang-orang bersedih hati karena ditinggalkan seseorang yang dikasihi, ia tidak pernah terlihat bersedih. Senyum selalu menghiasi wajahnya yang putih dan bersih itu. Pun saat orang-orang menghina, mengejek, dan mencelanya karena iri akan segala kelebihan yang dia miliki. Ia tak pernah nampak marah ataupun tersinggung. Dia pun termasuk gadis yang tak pernah takut pada apa pun dan berani melakukan hal apa pun yang tak pernah dilakukan oleh gadis-gadis seusianya.

Ya, ia gadis yang tangguh sekali. Bahkan kurasa, para lelaki pun kalah tangguh dengannya.

Ah, sudahlah. Tak usah kita bicarakan gadis itu. Toh kamu ataupun mereka tak mengenalnya. Seperti saya yang tak pernah mengenalnya. Lho?! Ya, ia bukan siapa-siapa; bagimu, bagiku, dan bagi mereka juga. Bahkan mungkin bagi dirinya sendiri?!

Tapi, aku peduli padanya, meskipun aku merasa tidak mengenalnya… Sejauh ini aku belum mengenalnya. Mengenalnya dengan jauh lagi. Ia sangat sulit untuk dikenal…. Tapi aku peduli padanya. Sangat peduli bahkan. Entahlah, kenapa aku sangat peduli padanya. Padahal ia bukan siapa-siapa bagiku. Dan tentu saja, bagi kalian semua. Hh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s